Thursday, April 25, 2013

Pengenalan Matematika untuk Anak Prasekolah

Heyhoo!

Ya, ternyata sudah cukup lama sejak terakhir kali saya menulis di sini. Rasanya tahun baru saja berganti ketika tetiba saya tersadar hari sudah cukup jauh berlari. Mari mari.. saya seduhkan secangkir teh susu hangat dan roti kari. :)

Matematika. Apa yang terbayang ketika mendengar kata itu? Sebagian menjawab dengan mata berbinar betapa perpaduan angka membuat mereka jatuh cinta. Yang lain? Menghela nafas sambil cemberut kaku. :)

Saya? Rasanya, saya termasuk golongan yang kedua. Karena itulah saya berusaha mencari cara dan celah tentang cara memperkenalkan Matematika pada anak dengan cara yang menyenangkan. Saya percaya Matematika, seperti juga Bahasa, adalah sesuatu yang sangat penting namun juga natural. Karenanya, adalah penting memastikan ia hadir dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah beberapa cara yang mungkin dapat Anda lakukan bersama si Kecil di rumah. Seperti biasa, barang-barang yang diperlukan adalah barang-barang yang bisa Anda temukan di rumah. Tambahkan sekeranjang besar niat yang kuat dan saya yakin Anda akan mendapatkan waktu yang menyenangkan bersama si Kecil di akhir pekan. :)

1) Memperkenalkan Angka
Mulailah dengan hal yang sederhana. Carilah lagu-lagu yang di dalamnya terdapat angka-angka. Anda bisa menanyikan lagu Satu-satu, Pergi Sekolah, atau banyak lagu lain. Berjalanlah di taman sambil menghitung langkah, hitunglah sampai tiga sebelum meminta anak meluncur dari perosotan, minta anak menghitung jumlah pisang yang Anda bawa sepulang dari kantor. Ribuan cara, mari kita pikirkan dan lakukan bersama. Yuk, berbagi di sini. :)

2) Mengurutkan Angka
Berbeda dengan huruf yang tidak membutuhkan urutan tertentu, secara spesifik angka membutuhkan urutan yang tepat. Sangatlah wajar ketika dalam proses belajarnya kadangkala terlewati beberapa angka. Berikut aktivitas yang mungkin dapat membantu.
♡ Bahan:



alas kerja, kertas warna, alat tulis, gunting.

♡ Cara:

Ajak anak menyanyikan lagu sesuai tema. Karena tema saya kali ini adalah kereta api, saya pun mengajak si Kecil bernyanyi lagu Naik Kereta Api :). Bebaskan kreativitas Anda dengan menyelaraskan tema dan hal kesukaan anak. Hal ini tentu akan menarik perhatian anak :).


Beri contoh cara mengurutkan angka dengan menyusun gerbong-gerbong di belakang lokomotif. Untuk kali pertama, dapat dimulai dari angka 1 sampai 3 dahulu. Kemudian, perlahan-lahan lanjutkan pada angka-angka berikutnya.


3) Memadukan Simbol Tertulis dan Kuantitas
Adalah penting membantu anak memahami bahwa angka mewakili jumlah tertentu. Jagalah agar kegiatan semacam ini tetap menyenangkan! :) Hmmmmp.. mengapa tidak menggunakan biskuit kesukaan anak? Manfaatkan pula barang bekas pakai. Hemat, praktis, dan tentu saja dalam rangka turut mengajarkan anak mencintai lingkungannya. :)

♡ Bahan:


alas kerja, kotak bekas telur, kertas warna, alat tulis, biskuit kesukaan anak.

♡ Cara:

- Minta anak membantu mengurutkan angka-angka tertulis


- Tunjukkan pada anak cara kerjanya. Tunjuk angka 1 dan letakkan 1 buah biskuit di bawahnya. Lakukan hal yang sama dengan angka-angka yang lain. Minta anak membantu menghitung. Setelah selesai, tawarkan pada anak untuk melakukan hal yang sama.


Akhiri kegiatan dengan menikmati biskuit bersama! :)

4) Mari Membagi Sama Rata!
Haha.. Jangan dulu menganggap saya gila karena mengajarkan konsep pembagian pada anak di bawah 6 tahun. Seperti yang sebelumnya telah saya sampaikan, sudah seharusnya Matematika menjadi sesuatu yang natural dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. :)

♡ Bahan:

alas kerja, sewadah sereal, 2 wadah kosong, susu cair.

♡ cara:

Siapkan perlengkapan. Ajak si Kecil membagi sereal dalam wadah satu per satu secara bergantian. Satu untuk wadah pertama (wadahnya sendiri) dan satu untuk wadah kosong yang lain (wadah Anda).


Lakukan terus hingga sereal di wadah pertama habis. Kemudian, ajak si Kecil menghitung jumlah keping sereal dalam masing-masing wadah. Akhiri dengan menuang susu cair dan menikmati sereal bersama. :)


Itulah beberapa hal yang bisa saya bagi kali ini. Tiap kegiatannya menghabiskan tak lebih dari 10 menit waktu Anda. Ya, 10 menit yang demikian berharga. Selamat mencoba! :)

No comments:

Post a Comment